Author Bung Blaze. Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Review XecureBrowser


Garda Pengaman Transaksi Online
Tahun demi tahun, ketertarikan pengguna internet Indonesia terhadap transaksi online semakin meningkat.
Berdasarkan data IDC, di tanah air, besar pertukaran uang di dunia maya sepanjang 2009 mencapai Rp35 triliun. Selain data tersebut, peningkatan minat terhadap transaksi di internet ditunjukkan melalui menjamurnya bisnis online.
Sebagai sarana pendukung, transaksi perbankan online pun ikut marak. Keunggulan utamanya ialah kemudahan akses. Tinggal bermodal PC dan koneksi internet, transaksi dapat diselesaikan tanpa repot pergi ke bank.
Faktor kurangnya kepercayaan terhadap keamanan bertransaksi online yang sebelumnya menjadi batu sandungan, saat ini perlahan mulai sirna. Pasalnya, pemilik bisnis online dan pelaku perbankan berlomba-lomba menerapkan standar pengamanan tinggi terhadap transaksi di situsnya.
Penggunaan teknologi protokol SSL (Secure Socket Layer), security token, atau VeriSign seakan menjadi jaminan perlindungan total dari aksi kriminal, seperti pencurian identitas dan peretasan (hacking). Padahal kenyataannya belum tentu demikian.
Atas dasar itulah, lembaga riset keamanan XecureIT mengembangkan peramban XecureBrowser (XB) yang diklaim bisa membantu mengamankan transaksi online secara signifikan.
Penasaran akan kinerjanya, kami mencoba mengunduh XB dalam bentuk ZIP. Isinya peramban portabel beserta sejumlah berkas pendukung. Artinya, XB tidak perlu diinstalasi, dapat dipakai meski dari media flashdisk.
Dari tampilannya, terlihat XB dikembangkan dari engine Firefox. Namun, lain dengan peramban pada umumnya, XB membatasi akses pengguna hanya ke daftar situs yang telah masuk white list. Cara aksesnya, klik tautan-tautan yang muncul di jendela utama atau menu bagian atas.
Kapabilitas pengetikan alamat dinonaktifkan demi menghindari kemungkinan pengguna salah mengetikkan alamat atau mengunjungi situs-situs berbahaya.

Daftar situs yang boleh diakses tentu didominasi tautan ke layanan online banking. Sedikitnya 18 bank dalam negeri telah tercakup di dalamnya. Ada pula tautan ke  bank-bank asing, contohnya UOB (Singapura), Maybank (Malaysia), dan BNP Paribas (Perancis).

Selain layanan perbankan, XB menyediakan tautan ke dua situs online payment. Salah satunya PayPal yang pasti tidak asing lagi karena sangat sering dipakai sebagai sarana pembayaran digital. Satu lagi ialah KasPay, layanan pembayaran lokal milik Kaskus.

Setelah mengeklik tautan yang diinginkan, situs akan terbuka di tab baru. Proses selanjutnya sama persis dengan akses melalui peramban biasa.

Tapi, dengan teknologi khusus yang dibangun XecureIT, transaksi diklaim akan berjalan lebih aman tanpa perlu khawatir dibajak. Soalnya, jika XB mendeteksi adanya serangan atau perubahan terhadap kode program, proses transaksi otomatis bakal dihentikan. Begitu pula bila salah satu kondisi sekuriti SSL tak berhasil terpenuhi. (Erry FP)
***
XecureBrowser dikembangkan secara spesifik untuk keperluan transaksi online yang aman. Tak heran kalau fungsionalitasnya tak sebebas peramban biasa. Namun, di tengah derasnya arus uang di dunia maya, peramban buatan lokal ini layak memperoleh sorotan lebih.

XECUREBROWSER v.1.1
Jenis
Freeware
Besar Installer
12 MB (.zip untuk Windows)
Pengembang
XecureIT
Situs Web
Sistem Operasi
Windows, Linux





 









Tolak Situs Luar
Saat kami mengeklik salah satu tautan yang tidak termasuk dalam white list yang disusun XecureIT, muncul peringatan seperti pada gambar di atas ini.





 






 Opsi Online Payment
Di samping PayPal, XB memberi tautan ke KasPay, layanan pembayaran online buatan lokal. Kliennya memang belum terlalu banyak, antara lain Kaskus, Indo.co.id, Camera.co.id, dan Disdus.







 








Didukung Mitra XB saat ini menjanjikan mampu membasmi 50% bahaya di dunia e-banking. Namun, setiap perubahan versi akan mengalami perbaikan, didukung kemitraan dengan ID-SIRTII, KKI, dan ISPN.

Plus     : Ada fungsi spesifik untuk melindungi keamanan bertransaksi online, berwujud portabel, tersedia untuk
Linux
Minus : Keterbatasan feature (demi alasan keamanan)
Skor Penilaian
- Penggunaan   : 4
- Kinerja            : 4
- Fasilitas          : 3
- Harga              : 5
- Skor Total       : 4

REVIEW BY : Infokomputer.com

0 komentar:

Posting Komentar

Sebelum anda Meninggalkan Halaman ini ?
Ada Baiknya Tinggalkan komentar anda mengenai artikel ini :)
.
Sering-sering mampir ke blog ane yah, blog ini dofollow silahkan follow maka anda berhak dapat backlink :D
Terima kasih.
www.blaze-info.blogspot.com